Powered By Blogger

25.1.10

hidup itu keras, kawan!

Seorang pemuda membakar teman-temannya karena kesal atas candaan teman-temannya tersebut.

Anjing. Serem amat.

Itu salah satu berita yang ada di Sergap RCTI siang ini. Seorang cowok ngebakar temen-temennya (hanya) karena kesel. Selain itu, dia juga ngamuk sama 3 orang lain yang nggak ada hubungannya.
Itu orang psycho abis. Pasti. Secara tadi gue liat tampang itu orang tadi santai banget, malah senyum-senyum.

GILA!

Gue nggak ngebayangin ada orang yang bisa ngebakar orang lain cuma karena becandaan. Dan gue nggak pernah ngebayangin gue yang ngelakuin. Oke. Ralat. Kadang, kalo lagi kesel banget, pikiran-pikiran psycho gitu sempet mampir di otak gue. Pikiran buat ngebakar, ngebunuh, motong-motong.

Tapi ya itu, Cuma sekadar lewat aja dan nggak sempet bersarang, karena mikirinnya aja udah bikin gue ngerasa bersalah. Apalagi ngelakuin? Bisa-bisa gue gila. Tapi tentu aja kalo gue sampe ngelakuin itu, pasti gue emang udah gila.

Gue jadi inget, cerita di novel kesukaan gue yang judulnya BIDIK!, karangan Nugroho Nurarifin. Dimana seorang cowok, namanya Jo, yang bertahun-tahun ditolak cewek yang sangat dia cintai, yang bertahun-tahun hatinya campur aduk antara cinta setengah mati dan juga sakit hati yang udah nggak tertahan lagi. akhirnya Jo memutuskan untuk menembak mati Astari, nama itu cewek. Dengan dia rencanain dari lama, setelah penolakan terakhir. Tapi, pertama yang ngerencanain adalah sisi lain Jo, sisi Pembunuh yang berhari-hari latian nembak supaya bisa nembak Astari tepat di dadanya. Di antara dendamnya, itu Jo masih punya rasa cinta yang bikin dia nggak mau salah nembak Astari, karena yang dia mau, Astari bisa langsung mati tanpa ada rasa sakit. Tiba di saat akhir, dimana pembunuh itu udah menyatu sama Jo, dan dia nembak Astari. Hanya aja, tembakan pertamanya nggak tepat sasaran. Dia harus nembak beberapa kali. Dan sesudah eksekusi mati itu, SMS masuk ke HP-nya. Dari Astari. Isinya si Astari itu pengen mulai hubungannya sama si Jo itu dari awal lagi, karena Astari baru sadar kalo sebenernya dia juga sayang banget sama Jo.

Jo akhirnya nembak pembuluh nadinya sendiri.

Sisi dendamnya, bikin dia gelap mata, tanpa nunggu apa yang terjadi selanjutnya. Tanpa berharap untuk sesuatu yang lebih baik esok hari.
Tapi di satu sisi, gue bisa ngebayangin apa yang Jo rasain. Rasa sakit hatinya sama penolakan Astari udah bertahun-tahun. Dimana Astari dengan tega nolak dia sementara keesokan harinya Astari udah ngegandeng cowok lain yang nggak sebanding sama Jo.
Gue ngerti, dan kalo gue jadi Jo, mungkin gue juga akan melakukan hal yang sama.
Karena sakit hati itu, bertumpuk dan lama-lama berubah jadi Dendam. Dan kebencian. Ketika rasa dendam dan benci udah ada di permukaan, pikiran jernih emang udah nggak bakal jalan lagi. Yang ada Cuma pikiran untuk membalas perlakuan orang itu. Orang yang udah menghancurkan kita setengah mati dari dalem.

Jadi apa gue sendiri akan membiarkan dendam gue untuk tetap tinggal dan menunggu waktu untuk membalas?
Nggak tau juga. Tapi mungkin nggak. Karena dari apa yang gue baca di Bidik, Jo nggak Cuma ngebunuh Astari. Dia juga ngebunuh harapan orang lain, tokoh lain di novel itu. Menurut gue, pembunuhan harapan, jauh lebih kejam daripada pembunuhan jiwa. Apalagi, itu harapan terakhir yang dimilik tokoh itu. Meskipun Jo emang nggak sengaja, dan nggak tau.

Belajar dari novel itu, gue berharap.
Supaya sampai kapanpun, gue nggak akan ketemu sama orang yang bikin gue sakit hati setengah mati. Supaya gue nggak akan ketemu sama orang yang bisa bikin gue dendam sama dia. Supaya gue nggak harus ngebunuh orang hanya untuk membalas apa yang udah dia lakuin. Dan gue nggak Cuma berharap. Gue berdoa supaya itu semua nggak terjadi di kehidupan gue.
Ngeri soalnya.

0 comments:

Posting Komentar

followers

 
 
Copyright © jangan tanya saya, saya tidak tahu apa-apa!
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com