Powered By Blogger

10.12.09

t-a-k-u-t

takut.

kenapa gue harus ngerasa takut? kenapa gue harus bisa ngerasa takut?
kenapa gue nggak bisa hidup di dunia ini tanpa rasa takut yang bikin gue takut untuk ngelakuin sesuatu yang menakutkan buat gue?
banyak hal yang gue takuti. tapi gue nggak bisa bilang secara gamblang gue takut sama apa, karena gue baru ngerasa takut kalo gue udah berhadapan sama hal/keadaan yang bisa bikin gue takut. kayak nyebrang, gue sekarang bisa bilang gue nggak takut nyebrang, tapi begitu gue di jalan dimana kendaraan-kendaraannya melesat dengan kecepatan 190km/jam semua, apa gue masih bisa bilang kalo gue nggak takut? yang pasti gue deg-degan seenggaknya.

selain itu, rasa takut gue juga muncul dalam hal lain yang lebih apa ya istilahnya, pokoknya gitu deh. kasih contoh lagi nih ya, seperti misalnya kalo ada kontes atau yaa hal semacam itu lah, dan gue bener-bener pengen ikut, tapi satu hal.

gue takut.

takut nggak menang, takut nggak bisa, takut bakalan malu-maluin, dan segala macem takut-takut lainnya. pada akhirnya gue nggak jadi untuk ikutan dan bahkan gue nggak nyoba sama sekali, hanya karena dikarenakan perasaan yang namanya cuma terdiri dari 5 huruf.
atau juga dalam keadaan lain, gue pengen banget kenalan sama orang yang gue kagumin, ya entah karena mungkin dia berprestasi banget, atau emang karena dia charming banget atau apalah, pokoknya gue pengen banget bisa lah sekali-kali ngobrol sama dia. tapi sekali lagi itu, gue takut, takut kalo ntar dia nolak gue ngajak ngobrol, takut dia nganggep gue sok akrab, takut kalo ujung-ujungnya dia ngeremehin gue. pada akhirnya juga gue ngelewatin kesempatan gue untuk menambah wawasan gue sendiri dengan ngobrol sama orang yang buat gue penting. dor!
rugi di gue juga akhirnya. karena takut. karena gue menakutkan hal-hal yang nggak seharusnya gue takuti. apa gue bakal mati karena ngelakuin hal-hal kayak yang di atas? kan nggak. keadaan paling jelek palingan gue malu. dan rasa malu itu juga paling hanya di saat itu, kemudian ilang ditelan waktu. tapi seenggaknya gue udah nyoba, gue udah berani untuk ngambil resiko. berhasil atau nggak, gue tetep pemenang buat diri gue sendiri ya kan?

tapi. ada tapinya.
bukan berarti takut itu nggak diperlukan. takut itu justru sangat-sangat dibutuhkan dalam keadaan tertentu. kalo manusia nggak kenal rasa takut, orang-orang akan cuek aja korupsi, nyuri, dsb, karena mereka nggak takut ketauan sama pihak-pihak yang berwenang. kalo manusia nggak kenal rasa takut, orang-orang juga akan cuek aja berbuat yang nggak - nggak, karena mereka nggak takut sama hukuman yang ada mau sekarang ataupun ntar di hari akhir. yang penting, intinya, rasa takut itu harus bisa diatur tempat dan waktunya. rugi banget kalo hidup ini jadi terbatasi cuma karena rasa takut yang nggak seberapa, karena begitu banyak hal di dunia yang menanti buat orang-orang yang nggak kenal (atau bisa membagi) rasa takut.

0 comments:

Posting Komentar

followers

 
 
Copyright © jangan tanya saya, saya tidak tahu apa-apa!
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com