Powered By Blogger

4.2.10

i want to grow up. but i don't want to grow older.

Nggak kerasa, 24 hari lagi, gue udah genap 18 tahun menjadi manusia yang utuh. 18 tahun. Waktu yang cukup lama untuk membentuk pribadi seorang manusia. Waktu yang menurut gue merupakan masa transisi seseorang dari masa dimana ia banyak melakukan kebodohan, menjadi masa dimana dia lebih bijaksana dalam berpikir dan bersikap. Waktu yang mulai merubah pola pikir seseorang, dari semula dimana lebih banyak memikirkan hal-hal kekinian menjadi hal-hal yang lebih mengarah ke masa depan.

18 tahun.

Benar-benar angka yang nggak main-main menurut gue. Meskipun hanya beda 1 dari yang sebelumnya, 17. Tapi gue bener-bener ngerasa kalau di umur gue yang sudah 18 tahun ini, gue udah nggak bisa berpikir kayak anak 17 tahun lagi. Meskipun hanya beda 1 tahun lebih muda.
Di umur 18 ini, yang pertama jelas, gue udah nggak sekolah lagi. Lulus, tamat. Sekarang gue kuliah, dimana sekarang ini, gue udah bisa bebas menentukan jalan gue ke depannya. Apa gue mau kuliah aja, kuliah sambil kerja, atau bahkan kuliah sambil berumah tangga.

Dan, justru di sini, kebebasan itu yang bikin gue harus berpikir matang-matang atas apa yang akan gue ambil.

Gue bebas, dan justru kebebasan itu (ternyata) memberikan gue tanggung jawab yang lebih besar. Nggak kayak dulu, di jaman-jaman gue masih sekolah, ruang gerak gue terbatas. Seenggaknya kemungkinan yang gue ambil nggak bisa seluas sekarang. Kalau dulu jaman sekolah, misalnya gue mau nikah. Mau dikeluarin dari sekolah? Jadi kan nggak mungkin buat gue nikah pas sekolah. Atau kerja. Jarang banget ada kerjaan buat anak sekolahan, kalo iyapun, gue mungkin harus buka bisnis sendiri. Tapi tetep aja, beban akan sekolah itu tetep ada. Beban untuk belajar, untuk dapet nilai bagus, untuk naik kelas dan untuk lulus. Dan tanpa sadar, gue jadi lebih milih untuk fokus ke sekolah dulu, baru mikirin yang lain.
Sementara sekarang. Kuliah, meskipun pada prinsipnya sama-sama belajar, nggak terlalu ngejar-ngejar kayak waktu sekolah. Lo bisa milih yang mana mau diambil, bisa ngulang kalo nggak lulus, dan waktunya juga lebih fleksibel. Selain itu peraturan kuliah tentu juga lebih longgar dibanding pas sekolah, karena pada prinsipnya, kalo seseorang udah jadi mahasiswa, seenggaknya tanpa perlu diatur-atur oleh peraturan yang seabrek-abrek pun dia udah bisa berpikir matang dan bertanggung jawab. Dan, dari hal-hal yang kayaknya sepele itulah, kebebasan dan kemungkinan terbentang jauh lebih luas.

 “aelah masih muda ini, masih bisa lah main-main. Ntar aja mikir yang serius-serius kalo udah umur sekian sekian”.

Oke, mungkin ada yang mikir gitu. Gue ngerti, secara juga  ada beberapa temen-temen gue yang berpikiran kayak gitu. Tapi, buat gue pribadi, gue nggak bisa.
Udah cukup lah, sebelumnya gue 17 tahun hidup cuma mikirin yang enjoy-enjoy aja. Udah cukup, kalo diitung dari mulainya masa remaja gue, 5 tahun gue main-main tanpa serius mikirin kemana ke depannya gue bawa hidup ini. Emang sih, nggak ada yang tahu nasib sendiri gimana nanti, karena semua yang ngatur itu Tuhan, tapi tetep aja, kalo nggak ada bayangan dari sekarang, pasti kemana langkah gue itu nggak bakalan terarah. Dan tentu aja gue nggak mau kalo nanti kira-kira umur gue 28 atau 29, gue end up jadi pengangguran, nggak bisa apa-apa, dan kemungkinan-kemungkinan mengerikan lainnya. Gue pengen, seenggaknya nanti pas umur gue segitu, gue udah punya kerjaan tetep, gue bisa menghasilkan sesuatu, dan yang jelas, gue bisa menikmati hidup ini tanpa ada beban-beban yang bisa gue antisipasi dari sekarang.

Karena itu, mulai dari umur gue yang kedelapan belas ini, gue udah bertekad buat nggak main-main dalam menjalani hidup. Bukan, bukan berarti gue langsung yang sok tua atau gimana-gimana, tapi seenggaknya pola pikir gue buat bertindak itu udah harus gue perbaiki, dalam mempertimbangkan sesuatu juga harus dewasa, matang, dan nggak boleh asal tancap aja. Semoga aja, apapun yang gue lakukan, dari sekarang bisa dapet hasil yang bagus ke depannya. Amiiiin :D

0 comments:

Posting Komentar

followers

 
 
Copyright © jangan tanya saya, saya tidak tahu apa-apa!
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com