Powered By Blogger

5.2.10

saya sendiri tapi tidak sendirian

Gue selalu suka sama yang namanya 'Me-Time'.

Se-la-lu.

terutama pada saat gue lagi ngerasa jenuh sama apa yang gue jalanin sehari-hari.
contoh, ya kayak sekarang ini, di kala gue lagi ngetik post ini gue lagi agak-agak merasa jenuh sama apa yang gue lakukan. tapi harus tetap gue jalani, karena gue tau itu yang terbaik yang bisa gue lakukan saat ini untuk hasil yang terbaik di masa depan.

dulu, pas SMA, 'Me-Time' gue itu muter-muter naik kendaraan umum, dari awal sampai tujuan akhirnya itu kendaraan. macem-macem, bisa Bus TransJakarta, angkot, ataupun Metromini. Dan sendirian.
Gue pernah naik metro mini dari deket rumah gue, awalnya nggak ada tujuan dan gue naik metro mini 49 yang arah ke manggarai, sampai di terminal sana, gue balik lagi ke terminal pulo gadung. Dari situ, karena ngerasa belum puas, gue naik bus patas AC jurusan 84 yang ke Depok. Sebelumnya gue sama sekali nggak pernah ke Depok naik bus dan sendirian, tapi berhubung gue waktu itu lagi kepengen, yaudah gue pergi. Nggak pake mikir macem-macem, takut nyasar, takut buang-buang waktu, atau apalah segala macem. Sesampai di Depok, gue nggak ngapa-ngapain. Berdiri bentar di terminal Depok, ngelemasin kaki yang udah tegang karena duduk seharian di Bus, terus nyari Bus lagi yang arah balik ke rumah gue. Karena nggak ada yang langsung ke Pulo Gadung yang notabene paling deket ke rumah gue, akhirnya gue naik bus ijo yang ke Blok M, baru dari sana gue balik ke rumah.
itu baru salah satu contoh aja 'perjalanan' yang pernah gue lakukan. Gue juga sering, ke Pasar Minggu, ke Ragunan, pokoknya tempat-tempat yang jarang gue samperin. Atau kalau lagi pengen ngeluarin sedikit uang, gue ke Senen, belanja. Sama, sendirian juga. Tapi kalau soal ke Senen ini, alasan gue sendirian selain untuk nge-refresh pikiran gue, itu juga karena gue suka males ke Senen sama orang lain. Soalnya suka nggak sinkron, yang temen gue capek lah, udah males lah, dsb dsb. Karena gue itu kalo udah ke tempat sebangsa Senen gitu bisa gue ubek-ubek dari ujung ke ujung. itu yang bikin temen belanja gue suka kecapean sendiri, sehingga pada akhirnya gue lebih milih belanja sendirian aja daripada dibebani dengan keluh kesah dan malah balik-balik jadi BT.
Kalau sekarang, karena gue udah pindah ke Tanjung Pinang, gue nggak bisa kayak dulu lagi. Karena di sini nggak ada metromini, bus, dan sebagainya. angkot pun, harus nanya tujuannya dulu, karena angkot di sini nggak ada jurusannya. Jadilah gue nggak bisa muter-muter tanpa tujuan lagi. Jadi di sini, waktu gue buat sendirian bergeser jadi di tengah malem, pas semua orang di rumah gue udah pada tidur. Gue ngabisin waktu sendirian gue di tengah malem itu, memikirkan semua hal yang pengen gue ekstrak ulang, dan juga memikirkan hal-hal yang menurut gue menyenangkan

Setiap orang pasti beda definisi dan perwujudan waktu itu masing-masingnya. Tapi pada intinya sama aja. Setiap orang butuh waktu untuk sendirian, dan melakukan hal-hal yang dia senangi. Selain itu, pada waktu sendirian tanpa ada orang lain itu, menurut gue berguna juga untuk lebih mengenal diri sendiri. Karena pada saat gue sendirian, gue bisa bebas memikirkan masalah-masalah atau hal-hal yang bersangkutan sama gue, apa yang udah gue capai dan belum, dan juga apa yang bisa gue lakukan untuk ngerubah diri gue jadi lebih baik. itu yang bisa gue pikirin kalo lagi sendirian, karena kalau ada orang lain di sekitar gue, gue otomatis jadi lebih berpikir hal-hal yang berkaitan dengan mereka, dan nggak sempet melihat ulang ke diri gue sendiri. dan selain itu juga ya, biasanya kalo gue udah menghabiskan waktu sendiri, inspirasi biasanya dateng lancar banget. karena setelah gue sadari dulu masa-masa produktif gue itu biasanya dateng kalo gue udah keliling-keliling kayak gitu. 

NB : Cuman aja, waktu buat sendirian itu juga jangan dilakukan keseringan, karena pertama, itu bakalan jadi nggak spesial lagi; dan kedua,  lo bakalan jadi keliatan an-sos. Beneran :P

2 comments:

shefron mengatakan...

oooh, jadi gituuuu
gak suka nih ke senen bareng gw? gituuuuuuuuuu??

alodia amanda margareta mengatakan...

hahahah suka kalo sama lo us, cuma kalo secara umum sih gue lebih suka sendirian. tapi lo nggak banyak tetek bengek kok hehehehe

Posting Komentar

followers

 
 
Copyright © jangan tanya saya, saya tidak tahu apa-apa!
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com